/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Cara menghilangkan lemak perut buncit agar rata

Mempunyai perut buncit merupakan hal yang dibenci bagi kebanyakan pria dan wanita, betapa tidak perut buncit membuat seseorang jadi tidak enak dilihat, lebih parah lagi bisa membuat orang tersebut tidak nyaman dengan dirinya sendiri, bisa jadi kehilangan rasa percaya diri, atau menurunnya aktifitas fisik/gerak tubuh karena beban yang lebih berat, atau ketidak nyamanan dalam berpakaian (menggunakan celana), bahkan menurut para ahli kesehatan  kandungan lemak yang terdapat dalam perut merupakan yang paling berbahaya dan bisa mengindikasikan adanya penyakit. Intinya jika anda mempunyai perut bunci lebih banyak kerugiannya dibandingkan dengan kelebihannya (atau bahkan tidak memiliki kelebihan sama sekali, selain kelebihan lemaknya.....hehe). Jika anda adalah orang yang tidak suka dengan lipatan lemak yang menempel pada perut anda, maka kini saatnya anda melakukan tindakan untuk menghilangkannya (membakar kandungan lemak) yang menempel pada perut Anda itu.

Pada lelaki umumnya perut buncit terjadi pada usia 25 tahun, hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, yang paling utama pola makan berlebih, yang mana jumlah konsumsi asupan makanan lebih banyak daripada aktiivitas gerak tubuh anda sehari-hari, selain itu perut buncit juga bisa disebabkan karena anda sering mengkonsumsi minuman beralkohol, atau yang mengandung soda. Khususnya bagi anda yang bekerja dibelakang meja komputer, dimana aktifitas sehari-hari anda lebih banyak dihabiskan dengan duduk dikursi dibanding dengan orang yang bekerja dilapangan.

Mungkin sebagian dari anda sudah melakukan beberapa cara untuk menghilangkan, mengecilkan, atau membakar lemak pada perut anda, diantaranya dengan melakukan sit-up atau melakukan diet dan berolah raga. Jika anda telah melakukan hal tersebut itu adalah usaha yang bagus untuk anda, teruskan latihan-latihan tersebut, jangan berhenti. Ditambah  untuk Kali ini BlogMamen akan berbagi tips dengan anda bagaimana caranya untuk membakar lemak perut dan menjadikannya rata (perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda perlu menjalankan tips ini secara paripurna, jangan setengah-setengah, niatnya harus poll 100%).

Satu hal penting bahwa, untuk menghilangkan lemak pada perut ini bukanlah pekerjaan mudah tapi juga tidak susah, ini bukanlah pekerjaan magic yang bisa sim salabiim hilang dalam satu malam. Pada tips artikel kali ini akan dijelaskan cukup panjang dari mulai akar penyebabnya (penyebabnya) secara mendasar sampai dengan latihan dan pantangan yang boleh dan tidak boleh anda lakukan (iya donk, kan segala sesuatu juga harus ada usahanya.. betul gak?.. hehe). Ini dia langkah-langkahnya sebagai berikut:

Tingkatkan Metabolisme Tubuh Anda


1. Sarapan pagi.
Mungkin kedengarannya sedikit kontradiktif (kontraproduktif) atau bertolak belakang dengan tips diatas, bagaimana bisa menghilangkan lemak perut sementara anda harus membiasakan makan pagi, mungkin anda bertanya "Apakah ini bisa menjadikan anda tambah gemuk?". Jangan berfikir negatif dulu, karena penelitian menunjukan bahwa makan pagi 1 (satu) jam setelah anda bangun tidur, bisa menjaga tingkat insulin anda tetap dalam keadaan stabil (normal) dan menurunkan tingkat LDL (lemak jahat). Caranya adalah dengan melakukan langkah-angkah berikut:

  • Cobalah untuk sarapan (makan) pagi secara teratur pada jam yang sama setiap harinya. Jika anda memilih bangun siang pada weekend (akhir pekan), makanlah dengan segera seketika anda bangun tidur. 
  • Pertimbangkan untuk mengkonsumsi protein dan makanan yang mempunyai kadar serat tinggi pada menu sarapan pagi anda. Karena jenis makanan tersebut cenderung lebih lama untuk diproses, dibandingkan dengan gula dan karbohidrat. Sehingga anda akan merasa kenyang terus sepanjang pagi hari. Anda bisa mencoba: Telur, selai kacang, serta buah-buahan dan sayuran yang segar. 
  • Hindarilah membuat makanan sereal manis yang mengandung kadar gula tinggi, kue-kue, atau oat-meal instant. Jika anda memang hendak untuk mengkonsumsi makanan tersebut cobalah untuk menyeimbangkannya dengan protein serat kasar.


2. Kurangi Penyebab Stres
Tahukah anda penelitian menunjukan  bahwa sekresi kortisol (hormon tubuh yang diproduksi selama anda dalam masa stress) mempunyai korelasi positif pada peningkatan lemak perut. Dan tips-tips dibawah ini bisa anda coba untuk mengurangi stress sehari-hari:

  • Tidurlah yang cukup. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kebutuhan tidur orang dewasa itu adalah 7 jam setiap malamnya agar tubuh kita dapat melakukan fungsi-fungsinya dengan baik.
  • Luangkan waktu untuk bersantai. Hal ini sangat penting untuk kesehatan jiwa dan raga anda, jika anda adalah orang super sibuk sekalipun, cobalah untuk meluangkan waktu pada makan siang anda sejenak untuk menutup mata anda, lalu ambil nafas dalam-dalam dan lupakanlah semua permasalah anda pada hari tersebut. 
  • Jauhkan penyebab stres pada jam-jam tidur anda. Ketika menjelang tidur dimalam hari hentikan semua kegiatan rutinitas harian yang dapat menganggu anda, seperti sisa pekerjaan, matikan handphone, laptop, TV, atau tablet (iPhone, iPad) jika itu bisa membuat anda terganggu, juga jangan Facebookan kalo bisa.

3. Berjalanlah 10.000 langkah setiap hari
Jika anda adalah pribadi yang kurang aktif (cenderung lebih banyak diam daripada bergerak), maka ini saatnya anda untuk mengubah kebiasaan buruk anda itu. Tahukah anda dari hasil sebuah studi ditemukan bahwa orang yang aktif bergerak cenderung berumur lebih panjang dibandingkan dengan orang yang lebih banyak diam (jarang bergerak). Studi lain juga menunjukan bahwa sekelompok orang yang biasa berjalan 10.000 langkah setiap harinya, lalu mereka disuruh untuk mengurangi langkah mereka sebanyak 1.500 langkah per hari, maka dalam waktu 2 minggu lemak perut mereka naik sekitar 7%. Belilah pedometer (alat untuk mengukur jumlah langkah) lalu mulailah mengayunkan langkah anda, jika anda adalah orang yang terbiasa bekerja seharian di depan komputer, coba pertimbangkan untuk membeli sebuah meja kerja treadmill agar anda bisa tetap bekerja sekaligus bergerak. 

4. Ganti manakan biji-bijian hasil olahan/buatan dengan biji-bijian utuh
Seperti kita ketahui bahwa biji-bijian mengandung serat yang cukup tinggi dimana itu baik unuk menurunkan lemak pada perut. Dan jika anda terbiasa mengkonsumsi biji-bijian hasil olahan seperti misalnya kacang kedelai yang diolah dalam bentuk makanan atau minuman dalam botol yang biasa anda beli di supermarket, maka ini saatnya anda untuk mengkonsumsi biji-bijian utuh. Makanan biji-bjian mempunyai beberapa manfaat dan kelebihan, diantaranya:
  • Biji-bijian bisa mencairkan lemak. Jika anda diet dengan mengkonsumsi biji-bijian maka anda berada di jalur yang benar, karena biji-bijian bisa mengubah glukosa dan respons insulin dalam tubuh anda, yang mana bisa mempercepat pencairan lemak tubuh, bahkan sampai ke lapisan dalam sekalipun. Intinya biji-bijian cocok untuk membakar lemak tubuh.
  • Hindari biji-bijian putih. Jika anda hendak berdiet dengan mengkonsumsi biji-bijian maka ada baiknya anda mengkonsumsi biji-bijian yang berwarna cokelat seperti gandum cokelat, atau berasmerah daripada nasi putih.

5. Banyak minum air putih
Seperti yang disarankan oleh para ahli bahwa kebutuhan minum orang dewasa adalah 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari nya. Hal ini bisa membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lancar, dan melawan racun yang ada didalam tubuh. Bawalah botol minuman air mineral kemana pun anda pergi, terutama ketika anda merasa haus. Indikator bahwa anda kekurangan minum bisa dilihat dari air seni (kencing) anda, jika berwarna kuning maka berarti anda harus lebih banyak mengkonsumsi air puttih dari sebelumnya. Tidak usah khawatir anda keluar masuk kamar mandi, tapi hal tersebut bisa membuat anda lebih sehat dan lebih bugar sepanjang hari.


Olahraga Untuk Menghilangkan Lemak


Berolahraga tidak hanya akan menghilangkan lemak pada perut, tetapi juga secara keseluruhan bisa membuat tubuh anda sehat dan bugar, apalagi olahraga yang dijalankan secara teratur dengan ritme yang konstan. Berolahraga tidak harus sesuatu yang berat yang menguras fisik serta  energi anda, kunci dari berolahraga adalah rutinitasnya, biar selangkah demi selangkah asalkan dilakukan secara terus menerus secara berkala jusru akan lebih baik dan terasa manfaatnya jika dibandingkan dengan berolahraga sekaligus berat tetapi hanya dilakukan 3 (tiga) bulan sekali misalnya, hal ini tidak bagus untuk tubuh anda karena akan membuat tubuh anda shock atau terkejut. Karena menurut penelitian juga olahraga ringan yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan otot tubuh dan menambah ketahanan tubuh.

  • Lakukan Sprint (lari): Berlarilah secepat dan sejauh yang anda bisa selama 20 detik, kemudian berjalanlah pelan-pelan sambil anda mengatur nafas. Kemudian ulangi pada 10 menit berikutnya.
  • Treadmill. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa perlatan berolahraga sekarang ini begitu modern terutama untuk treadmill, anda bisa menemukannya di pusat-pusat kebugaran, cobalah perlatan tersebut satu per satu, mulai dari sepeda treadmill, atau yang cuma jalan ditempat.
  • Lakukan jalan (cepat). Ketika anda pergi bekerja ke kantor, lakukan jalan cepat mulai anda turun dari parkir mobil atau motor anda, berjalanlah dengan irama yang lebih cepat dari biasanya minimal 5 menit, hal ini bisa membuat otot-otot tubuh anda mendapatkan pasokan darah yang rata, karena seluruh tubuh anda bergerak secara bersamaan.
  • Lakukan Sit-up. Mungkin latihan ini akan tersa berat untuk sebagian dari anda, tetapi tahukah anda dengan melakukan sit-up akan membangun otot perut yang kuat, yang mana bisa membakar lemak perut tepat pada bagian inti atau sasaran yang dituju.
  • Olahraga Aerobik. Latihan aerobik sangat agus sekali untuk memompa jantung anda, serta membakar kalori secara cepat yang mempunyai efek dapat menghilangkan beberapa timbunan lemak dalam tubuh termasuk bagian perut. 
  • Latihan untuk otot. selain olahraga aerobik yang bagus untuk melatih kerja jantung anda, lakukan juga beberapa olahraga untuk membentuk otot tertentu, seperti misalnya angkat barbel untuk membentuk otot lengan (bisep dan trisep), otot dada, otot paha, pinggul dll. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu ke tempat kebugaran untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Diet Untuk Menghilangkan lemak perut


1. Kurangi mengkonsumsi Kalori
Jika anda tidak mengurangi asupan kalori dapam setiap menu makan anda, maka lemak perut pada perut anda tidak akan hilang dan atau mengecil, untuk tips asupan kalori anda bisa melakukan tips dibawah ini:
  • Tahukan anda bahwa dibutuhkan defisit 3700 kalori untuk menghilangkan 1 pound lemak. yang artinya anda harus membakar 3700 kalori melalui latihan, atau anda bisa mengurangi 3700 kalori lebih sedikit dari biasanya anda makan dalam seminggu.
  • Goal anda adalah menghilangkan maksimal 2 pound dalam seminggu. Kehilangan lebih dari 2 pound seminggu  bisa membuat tubuh anda tidak sehat dan tidak bagus, ini berakibat pada program diet yang buruk yang mana setelah anda menghilangkan beberapa pound lemak karena "kecelakaan" tersebut, anda tubuh anda bisa drop yang memerlukan asupan kalori yang lebih banyak dimana lemak tubuh anda akan lebih banyak lagi.
  • Buat daftar catatan makanan. Jangan meremehkan apapun yang anda makan, catatlah semua asupan makanan anda, carilah kalkulator kalori online yang mengukur kebutuhan asupan kalori anda yang dicocokan dengan program diet. 
  • Cobalah diet dimana anda hanya mengkonsumsi 2200 kalori (laki-laki) dan 200 kalori (perempuan) per hari. Jika program ini dilakukakan, maka anda bisa berpotensi membakar lemak 2 pound per minggu.

2. Konsumsi lebih banyak serat dalam makanan 
Tambahkan asupan serat pada dien anda perlahan-lahan. Jika anda terbiasa mengkonusmsi serat 10 gr per hari, maka jangan langsung jadi 35 gr perhari, lakukan secara gradual (menaik)



0 Komentar :

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen