/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

7 Cara tips ampuh berhenti ketagihan Facebook Sekarang juga!

Tidak hanya ketagihan bermain games, ternyata kecanduan Facebook juga merupakan masalah yang serius dewasa ini, yang dihadapai ratusan juta orang dibelahan dunia termasuk Indonesia. Setelah Facebook mencapai data pengguna 1 milyar lebih (hal ini berarti 1/7 penduduk dunia sudah menggunakan Facebook) pada pertengahan tahun 2012 lalu, Facebook kian populer dari waktu ke waktu, posisinya terus menjadi no.1 ranking dunia untuk website berkategori social media (network) yang tidak dapat terkalahkan, termasuk oleh pesaingnya seperti Twitter, Google+ (plus), myspace, dll. Bahkan para pakar social media dunia memprediksikan bahwa Facebook akan tetap eksis sampai 20-25 tahun mendatang.

Kemudahan mengakses Facebook yang bisa diakses dari berbagai gadget mulai dari komputer, laptop, perangkat mobile (blackberry, HP jadul, smartphones, iPhone, iPad, dll) juga menjadi salah satu alasan kenapa Facebook menjaring banyak fans diseluruh dunia. Orang-orang betah untuk bersosial media melalui Facebook, mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka, hampir setiap 5 menit sekali mereka login ke akun mereka masing-masing untuk mengecek notifications (pemberitahuan) yang masuk, melihat inbox yang yang datang, melihat isi komentar dari teman-teman, melihat isi updetan status orang lain, dan seterusnya. Yah, itulah fenomena Facebook yang menjadi booming yang selali dibicarakan orang-orang.

Permasalahannya adalah banyak orang ketagihan Facebook dan susah untuk mengontrol untuk tidak Facebookan, beberapa pernyataan yang sering kita dengar diantaranya adalah:
- Saya ketagihan Facebook, saya tidak kuat untuk tidak login ke Facebook walau cuma 1 hari
- Hampir setiap 5 menit sekali saya login lalu logout ke Facebook dan terus seperti itu
- Facebook telah menganggu hari-hari saya, Facebook telah menganggu pekerjaan dan aktivitas saya selama saya bekerja di kantor
- Saya ingin keluar dari ketagihan Facebook
- Saya telah membuang-buang waktu dengan menggunakan Facebook, tapi saya tidak bisa berhenti
- Saya ingin berhenti dari ketagihan Facebook
- Saya butuh tempat rehabilitasi Facebook
- dan lain sebagainya

Jika anda adalah salah satu yang ketagihan Facebook, anda tidak perlu merasa khawatir karena anda tidak sendiri, ada jutaan orang diluar sana yang juga ketagihan sama seperti anda, dan kali ini BlogMamen akan berbagi dengan anda beberapa tips untuk berhenti dari ketagihan Facebook:

1. Berhentilah mengomentari status orang lain
Ketika anda memberikan komentar pada status teman anda, disitu muncul rasa penasaran komentar balik dari si orang yang punya status dalam bentuk pemberitahuan (notifications), sehingga anda akan terus mengikuti status tersebut, bahkan anda akan makin penasaran apa komentar teman dari teman anda tersebut. Sehingga, dengan berhenti mengomentari status orang lain, anda tidak akan merasa terlibat dalam urusan hidup orang lain.

2. Matikan (turn off) fitur pemberitahuan (notifications)
Hal yang paling mendasar kenapa Facebook selalu bikin penaasaran adalah notification nya. Memang sampai dengan saat ini Facebook tidak memberikan izin kepada penggunanya untuk mematikan seluruh fungsi notifications, tetapi ada bebarapa fitur notifications yang bisa anda matikan diantaranya: email notifications, games invite notifications, dan beberapa aplikasi yang anda tidak ingin tahu.

3. Kurangi atau jika perlu berhentilah posting status updates terlalu sering
Jika anda selalu melaporkan kepada Facebook setiap detik, menit, jam, siang, malam, shubuh apa yang sedang anda pikirkan atau anda kerjakan, maka anda tidak akan pernah bisa keluar dari ketagihan Facebook. STOP memberitahu Facebook apa yang anda pikirkan, ketika keinginan itu kuat ada dalam pikiran anda untuk membuat status update, bilang kepada diri anda sendiri "Masa Bodoooooo!"

4. Hapus semua app yang
Jika anda selama ini telah mengikuti/bergabung dalam beberapa aplikasi Facebook baik itu apliaksi milik Facebook sendiri ataupun pihak ketiga, delete semua aplikasi itu dari akun setting anda.

5. Berhentilah langganan games (unsubscribe)
Hal kenapa Facebook selalu menarik bagi user nya adalah karena games. setiap harinya pengguna Facebook menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game di Facebook. yah, mungkin anda memang ketagihan dan merasa asik, tetapi jika anda tidak tegas pada diri anda sendiri, anda akan selalu terjebak didalam lubang Facebook.

6. Matikan (turn off) fungsi Chat / Obrolan
Jika anda mendapatkan obrolan anda dalam keadaan ON, maka langsung matikan Facebook chat fitur agar anda tidak berlama-lama terus membuka nya dalam laptop/tablet anda.

7. Berhentilah mentag atau matikan fungsi tag
Jika selama ini anda selalu nge-tag foto anda bersama teman-teman anda, matikan fungsi trersebut agar anda meras tidak ada keterlibatan dalam gambar yang di tag ke akun anda. Jangan lupa juga untuk mematikan fungsi tag ketika anda ditag oleh teman anda melalu "privacy settings" akun anda, sehingga gambar/video yang di tag ke akun anda tidak akan muncul dalam wall/dinding anda karena memerlukan otoritas/izin dari anda terlebih dahulu.

Semoga tips diatas bisa membantu anda untuk lepas dari ketergantungan karen aketagihan bermain Facebook, sehingga anda tidak perlu datang kete tempat rehabilitas Facebook...hehehe,,ika anda punya tips lain yang lebih keren tentang berhenti dari ketagihan Facebook, silahkan share dengan kita di kotak oomentar dibawah ini.



0 Komentar :

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen