/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Apakah Google Page Rank Sudah Tidak Berpengaruh Lagi?

Jika Anda adalah seorang Pemilik web, atau blog tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Page Rank atau disingkat dengan PR. Sekedar untuk mengingatkan saja bahwa Page Rank (PR) adalah sistem perankingan pada sebuah halaman web/blog yang diberikan oleh Google yang muncul pada hasil pencarian. Google PageRank ini berkisar pada angka dari 0-10. Dahulunya Google Pagerank adalah sebuah rujukan untuk tingkat kepercayaan atau "trust" sebuah halaman web/blog, yang mana mana semakin besar rankingnya (angka) sebuah halaman web/blog, maka semakin bagus posisinya atau semakin terindeks pada hasil pencarian. Selama bertahun-tahun lamanya Google menggunakan sistem perankingan ini yakni dimulai sejak dari tahun 1998. Dengan adanya perankingan ini banyak pemilik web/blog yang khawatir PageRank mereka turun atah bahkan kembali ke nol.

Seiring dengan perkembangannya, Google sebagai "The King of Search Engine" di planet ini terus melakukan perubahan dan perbaikan dan juga update diberbagai aspek untuk memberikan kepuasan kepada para pencari kata kunci yang menggunakan Google sebagai layanannya. Dan terakhir Google dengan sistem algoritma nya mengupdate sistem penilaian sebuah halaman web dengan sebutan Google Panda, yang mana Google mengklaim bahwa Google Panda lebih suka Web/Blog dengann isi konten yang unik dan original. Bahkan web/blog dengan banyak backlinks pun kalah dengan web/blog yang unik dan original. Sekarang pertanyaanya adalah "Aapakah Google PageRank sudah Tidak diperhitungkan lagi?", atau "Apakah Google pagerank sudah tidak berpengaruh lagi pada penilaian sebuah halaman web?". Hal ini terntu akan menjadi sebuah pertanyaan bagi siapapun pemilik web/blog, karena mereka akan terus merasa khawatir atau takut jika Pagerank yang telah mereka bangun selama ini turun atau bahkan menjadi nol lagi. Lalu jika Anda merasa pengunjung blog Anda turun drastis bisa saja banyak broken links atau link rusak disana, hal ini berarti Anda harus memperbaiki broken links yang rusak tadi agar kualitas kontent blog Anda tetap terjaga dan bisa meningkat/naik.


Susan Moskwa, menjelaskan dengan detail pada artikelnya di pusat Google Webmaster, bahwa:

"PageRank dipercaya sebagai mesin pencari ketika didirikan pertama kali oleh Google pada tahun 1998, tetapi mengingat [bahwa Google meluncurkan] rata-rata sekitar 9 [perbaikan/update] per minggu. Maka Kami memiliki banyak peluang untuk menambah dan menyempurnakan sistem perankingan kami. Selama dekade terakhir PageRank tidak lagi (atau jika pernah digunakan dulu) sebagai satu-satunya akhir penilaian sebuah halaman web."

Menilai pernyataan dari Susan Moskwa diatas, dapat dijelaskan bahwa Google Pagerank adalah bukan satu-satunya tolok ukur "trust" atau kepercayaan sebuah halaman web, artinya banyak faktor penunjang lainnya yang diperhitungkan oleh Google agar sebuah halaman dapat terindeks dengan baik pada hasil pencarian. Tapi dengan adanya penjelasan yang seperti itu, jangan sampai juga Anda sebagai pemilik web/blog benar-benar 100% tidak perduli lagi pada Pagerank (PR) ini, cuman yang harus dicamkan adalah bahwa PR bukanlah satu-satunya penilaian lagi seperti dahulu kala, itu saja.

Lalu pertanyaanya sekarang, jika PageRank (PR) ini bukanlah satu-satunya penilaian Google pada sebuah halaman. Lalu apa donk Faktor-faktor pendukung lainnya yang bisa memperkuat sebuah halaman pada hasil pencarian?, dan dengan detail Susan menjelaskan lagi fakto-faktor lainnya yang memang dianggap penting. Ini dia Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah halaman dimata search engine Google.


1. Relevansi


Google akan menilai sebuah halaman dari relevans atau tidaknya sebuah halaman sebagai penilaian. Maksudnya adalah sebuah web/blog itu harus jelas tujuannya dan mempunyai relevansi yang bagus dari mulai nama domainnya, judul web/blognya, sampai kepada isi tiap halaman artikel-artikelnya. Contohnya, jika web Anda membahas tentang "perkawinan" misalnya, maka jangan sekali-kali Anda memasukan kata kunci: arsitek, seni lukis dsb. Bukannya tidak boleh tetapi hal itu akan menjauhkan Anda dari relevansi web atau blog Anda, yang mana hal ini jelas di benci oleh Google. Secara simpel nya, semakin spesipik blog/web Anda, maka akan semakin powerful Blog/web Anda untuk bbersaing di mesin pencarian.


2. Tingkat Konversi


Tingkat Konversi mengukur berapa lama pengunjung menghabiskan waktu pada halaman Blog/web anda, apakah mereka mengklik halaman lainnya?, Jika web anda termasuk jualan, apakah pengunjung melakukan transaksi pembelian pada blog Anda?. Intinya adalah ketika pengunjung berlama-lama pada blog Anda, maka Google menilai blog Anda itu isinya memang berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sebagai pencari kata kunci. Tetapi jika pengunjung cuma berlama-lama pada salah satu halaman saja (misalkan 1-2 jam) berarti halaman itu tidak termasuk penilaian yang baik, karena bisa saja setelah pengunjung membuka halaman tersebut dia membiarkan halaman tersebut tapi tidak membacanya alias menganggurkannya.


3. Rata-rata Klik Pertayang atau CTR (Click-through rate)


CTR (Click-through rate) atau rata-rata klik pertayang adalah banyaknya link halaman blog Anda yang muncul pada hasil pencarian dibandingkan dengan seberapa banyak dia dibuka/ditayangkan. Hal ini jelas akan mempengaruhi tingkat "manfaat" sebuah halaman, yang mana jika jumlah tayangannya sedikit maka Google akan menganggap halaman tersebut kurang bermanfaat bagi pembaca dan secara otomatis Google akan mendepak halaman tersebut kebelakang. Walaupun halaman tersebut memiliki PageRank yang tinggi, hal ini akan diabaikan. Karena Google menginginkan 10 web/blog yang benar-benar bermanfaat untuk berada di posisi halaman pertama hasil pencarian.


4. Tingkat Bouncing (Bounce rate)


Tingkat Bouncing ini adalah seseorang yang datang ke halaman website anda, dan dia tidak mengklik halaman lainnya dan meninggalkan blog/web Anda. Karena mereka tidak menemukan sesuatu hal yang menarik pada website/blog Anda. Semakin tinggi presentase tingkat bouncing blog/web Anda maka Google menganggapnya web/blog Anda tidak bermanfaat bagi para pembaca dan jelas dengan adanya hal ini, maka popularitas blog/web Anda akan turun seiring dengan waktu jika Anda tidak memperbaikinya.



4 Komentar :

Abid Rakhmansyah mengatakan...

kunjung balik planet-23.blogspot.com

Mamen Aja mengatakan...

@Abid: Siapp Gan.. Terima kasih atas kunjungannya :)

Almusto mengatakan...

nice posting

Mamen Aja mengatakan...

@ALmusto: Thanks Bro.. keep reading the other posts please :)

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen