/*----END HEADER Floating----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

10 Cara Menghilangkan dan Mengurangi Rasa Takut (Khawatir)

Dapat dipastikan setiap orang pasti pernah mengalami ketakutan dalam hidupnya. Beda orang biasanya beda ketakutannya, ada yang takut gelap, ada yang takut sama kecoa, ada yang takut sama kodok, ular, atau takut sama laba-laba, ada yang takut sama guru, takut sama dosen, takut sama orang tua, takut sama senior, takut sama boss, takut sama pelanggan/klien, dan lain sebagainya. Sebenarnya ketakutan adalah keadaan pikiran dan Pada umumnya ketakutan biasanya disebabkan karena imajinasi diotak kita yang akhirnya sampai di alam bawah sadar kita atau juga bisa dikarenakan ketidaktahuan/ketidakmengertian kita tentang objek yang membuat kita takut.


Sama halnya dengan rasa malas dan bosan, memiliki rasa takut adalah hal yang wajar, tetapi jika berlebihan maka hal tersebut bisa menganggu bahkan bisa menjadi penghalang kesuksesan dan kemajuan diri kita. Beberapa orang bijak mengatakan bahwa cara untuk menghilangkan ketakutan adalah dengan menghadapi dan berjalan pada ketakutan tersbut. Lalu bagaimana caranya agar ketakutan yang kita miliki tersebut bisa berkurang atau bahkan hilang? Silahkan anda baca dan cermati 10 tips dibawah ini untuk mengurang dan atau menghilangkan ketakutan (kekhawatiran):


  1. Analisa Ketakutan Anda. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri, "Apakah ketakutan ini merugikan diri saya sendiri?". Jika tidak, maka tidak ada hal yang perlu anda takutkan sama sekali. Buatlah diri anda enjoy dan relax, coba juga untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan yang benar-benar anda sukai agar anda merasa lebih baik.
  2. Lihatlah apa yang orang lain lakukan. Sebagai contoh, jika anda takut untuk naik roller-coaster, Anda bisa melihat orang-orang senang, berteriak-teriak gembira karena mereka naik roller-coaster. Ajukan pernyataan pada diri anda sendiri "Saya juga bisa seperti mereka,, berteriak-teriak karena gembira, dan hal itu cukup menantang buat saya".
  3. Latihan secara bertahap. Jika anda adalah orang yang takut dengan laba-laba misalnya, jangan sekaligus anda memegang sarang yang dihuni oleh puluhan laba-laba disitu, jangan pernah lakukan itu. Tetapi mulailah untuk affirmasi diri anda bahwa ketakutan anda itu tidak irasional/masuk akal, ini hanyalah sebuah phobia saja, tidak lebih dari itu. Kemudian coba anda lihat photo laba-laba, dengan perlahan-lahan raba-lah photo laba-laba itu, yang mana hal ini bisa meningkatka kepercayaan diri anda untuk berinteraksi dengan laba-laba, kemudian coba beranian diri anda untuk bersentuhan dengan seekor laba-laba yang kecil, dan terus lakukan hal seperti itu sebagai latihan.
  4. Jika ketakutan itu berbahaya, lalu cari cara untuk hancurkan. Tentunya Saya tidak akan merekomendasikan anda untuk melakukan hal ini pada tips sebelumnya untuk jenis situasi seperti ini. Tetapi anda bisa mencari tahu/cara hal-hal apa yang bisa membuat anda aman (tidak beresiko). Sejauh anda mematuhi aturan tersebut yakinkan diri anda untuk tidak panik, dan bersikaplah cool atau kalem dengan mengikitu pedoman keselamatan, sehingga anda tahu bahwa ketakutan ini jelas tidak membahayakan anda.
  5. Ubah cara pandang anda. Yah, ubahlah cara pandang anda tentang objek ketakutan yang sedang anda hadapi, karena hal itu bisa mengubah cara anda mengambil sikap. Anda mempunyai kekuatan untuk mengontrol pikiran anda, mana yang boleh anda pikirkan mana yang tidak boleh anda pikirkan. Izinkan hanya pikiran positif yang ada di otak anda, hal ini bisa mengurangi ketakutan atau kekhawatiran anda, yang berefek juga pada pengambilan sikap anda.
  6. Anda adalah orang yg kuat, yakinkan diri anda!. Ketahui itu, bahwa anda andalah orang yang kuat dan berani, rasakan diri anda pada posisi dan situasi dimana anda bisa menaklukan ketakutan anda dengan keberanian dari dalam diri. Yakinkan bahwa tidak ada yang bisa menghentikan langkah anda, siapapun juga!
  7. Hentikan aliran energi negatif, STOP! and say Good bye! affirmasi diri anda "Not anymore" Tidak lagi, "Saya adalah orang yang berani, saya adalah pribadi baru, pribadi hari ini yang penuh dengan keberanian menghadapi apapun dihadapan saya, saya tidak akan mundur satu langkah pun untuk menggapai mimpi saya dan apapun yang saya inginkan."
  8. Jangan batasi diri Anda.  Ketika anda mempunyai ketakutan, hal ini telah membatasi diri anda dari sesuatu yang ingin anda lakukan atau capai. Yakinkan diri anda bahwa ketakutan hanyalah akan mmerugikan dan membatasi diri saya dari kesuksesan. Lawan ketakutan anda dan jangan pernah mau dibatasi.
  9. Ketakutan itu tidak Nyata! Jika anda memiliki phobia, seperti misalnya anda phobia ditempat ramai, atau phobia ditempat yang sepi, atau tempat yang anda benci, atau apapun yang anda pikir hal itu bisa merugikan anda, yakinkan bahwa itu tidak nyata dan tidak akan terjadi apa-apa dengan anda, ingat bahwa ketakutan hanyalah sebuah keadaan pikiran anda, sebuah imajinasi, tidak lebih.
  10. Metode Fun/senang-senang. Print-out / cetak objek yang anda takutkan, lalu tendang dan sobek-sobek objek tersebut. Lakukan apapun yang bisa membuat anda lebih nyaman dan lebih baik, dan katakan pada ketakutan itu bahwa anda lebih besar daripada ketakutan itu sendiri.


Itulah 10 tips cara menghadapi ketakutan dan menguranginya bahkan menghilangkannya. Ingat bahwa tips diatas perlu anda latih, dengan usaha dan kerja keras. Ingat bahwa tidak ada seseuatu hal  yang ingin anda capai dengan cara instant di dunia ini, kecuali anda memasak mie instant,...hehehe,, selamat mencoba yah!! jangan lupa untuk memberikan komentar jika anda memiliki tips lainnya dalam menghadapi ketakutan ini.



0 Komentar :

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen