/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

8 Cara Menghilangkan/Menghentikan Cegukan

Mengalami cegukan memang bukanlah masalah besar tetapi bisa saja iya jika Anda berada pada kondisi tertentu yang mana bisa menganggu khsusnya ditempat-tempat sepi tapi ramai dikunjungi banyak orang, seperti ketika Anda sedang menonton film di bioskop misalnya. Karena cegukan yang ada derita Anda bisa menjadi pusat perhatian yang membuat Anda salah tingkah dan mungkin malu jika diperhatikan terus menerus. Namun tahukan Anda apa sebenarnya penyebab cegukan? cegukan terjadi karena adanya kontraksi pada otot perut dan otot dada yang biasa disebut sebagai diafragma, yang mana penyebabnya bisa karena perut dalam keadaan tegaNG AKIBAT kenyang karena habis makan, atau setelah mengkonsumsi alkohol, atau juga bisa diakibatkan karena mengkonsumsi obat-obatan.




Untuk mengatasinya mungkin ada dari Anda yang melakukan cara lama yaitu dengan menakut-nakuti si "penderita" dengan cara menjailinya, yah hal ini memang benar bisa menghentikan cegukan tersebut, tapi cuma sementara saja ketika "si penderita" mengalami ketakutan tersebut. Cara umum yang lain adalah bisa memberinya segelas air, memang adalah cara umum yang bisa Anda lakukan untuk menolong sipenderita, tapi jika cara-cara tersebut tidak juga membuat si penderita berhenti dari cegukannya, maka Mamen akan sharing dengan Anda 10 cara alami menghentikan/menghilangkan cegukan yang sangat menganggu.


10 Cara menghilangkan/mengatasi cegukan:

1. Bernapas Pada "Paper Bag"
"Paper Bag" atau kantung yang terbuat dari bahan kertas yang biasa dipakai untuk bungkus makanan/gorengan ternyata bisa Anda gunakan untuk menghilangkan cegukan. Caranya yakni dengan memasukan "Paper Bag" tersebut pada mulut Anda (seperti Anda mau meniup balon), kemudian mulailah mengambil nafas dan mengeluarkannya lewat "Paper Bag" tersebut.

2. Ambil nafas dalam-dalam lalu tahan agak lama.
Yah, ambilah nafas dalam-dalam kemudian tahan agak sedikit lama, hal ini bertujuan agar terjadi penumpukan CO2 (carbondioksida) hasil pernafasan didalam paru-paru, yang mana penumpukan CO2 ini akan membantu diafragma anda lebih rileks.

3. Ditakut-takuti
Yah, cara ini dianggap paling populer terutama dikalangan remaja atau ABG yakni dengan cara menjaili sipenderita agar dibikin kaget secara mendadak. Hal ini bisa Anda lakukan ketika sipenderita sedang berkumpul dengan teman-temannya. Tetapi jika Anda sedang sendiri ditempat yang sepi, mulailah untuk memikirkan atau membanyangkan hal-hal yang membuat Anda takut atau menyeramkan.

4. Berkumur-kumur menggunakan Air Es.
Berkumur-kumur menggunakan air es atau es batu berukuran kecil memang banyak disarankan pada beberapa situs-situs tentang kesehatan untuk menghilangkan cegukan. Namun hal yang perlu Anda perhatikan anda harus hati-hati agar es batu-es batu jangan sampai tertelan ketika Anda berkumur-kumur.

5. Pijat pada langit-langit Mulut atas
Mungkin sebagian dari Anda akan enggan melakukan hal ini karena akan menyebabkan muntah atau geli, yakni memijat-mijat pada langit-langit mulut Anda. Tetapi tahukan Anda bahwa dengan memijat-mijat pada daerah langit-langit mulut Anda akan merangsang syaraf vagus.

6. Menulurkan lidah
Yah, hal ini mungkin terdengar konyol. Tetapi tahukan Anda bahwa dengan menjulurkan lidah Anda keluar hal itu berkerja seperti halnya pada poin no. 5 yakni bisa merangsang syaraf vagus yang membuat otot diafragma bisa lebih rileks.

7. Batuk/Sendawa/Bersin
Untuk Anda ketahui saja bahwa ternyata ketika kita mengalami batuk, atau sendawa, atau bersin. Reaksi-reaksi tersebut dapat menghentikan cegukan, karena hal-hal tersebut bisa membuat otot diafragma mengerut dan mengecil yang mana akan menghentikan cegukan. Tapi tentunya Anda tidak mau donk memilih salah satunya walaupun cegukan Anda berhenti. Hal ini sama halnya Anda berhasil keluar dari mulut singa tetapi masuk ke mulut harimau...hehehe :)

8. Tutup Telinga dengan Jari Ketika Minum.
Memang terdengar sedikit susah untuk menutup telinga Anda ketika Anda minum sementara Anda harus menutup kedua telinga Anda dengan jari-jari Anda, tapi jangan khawatir Anda bisa menggunakan sedotan untuk minum air dengan begitu kedua telinga Anda bisa ditutup dengan jari-jari Anda, yang mana hal ini juga akan membbantu untuk merangsang syaraf vagus untuk melonggarkan diafragma.

Selamat mencoba, semoga hal-hal yang Mamen sebutkan diatas untuk mengatasi/menghilangkan/menghentian cegukan bisa membantu Anda. Jika Anda suka dengan artikel ini silahkan di share dengan teman atau kerabat Anda melalu Facebook, twitter atau Google plus.



0 Komentar :

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen