/*----END HEADER Floating----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Cara Alami Mengobati dan Mengatasi Alergi Kulit

Cara alami mengobati alergi pada kulit

Sebelum Mamen berbagi dengan Anda para pembaca setia BlogMamen tentang cara alami mengobati alergi Mamen akan sedikit memaparkan dulu tentang definisi alergi. Sebenarnya alergi adalah sebuah reaksi penolakan tubuh yang timbul akibat masuknya benda asing kedalam tubuh kita. Ketika antigen (sebuah substansi yang tidak dikenal) masuk, tubuh akan segera meningkatkan daya imunitasnya agar sel-sel imun bisa bekerja lebih efektif. Normalnya, sistem kekebalan tubuh akan melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh benda asing tersebut, entah itu karena ada bakteri atau racun yang masuk. Tetapi jika tubuh melakukan reaksi yang berlebihan terhadap benda asing tersebut, maka terjadilah hipersinsitivitas yang berupa alergi tersebut.


Lalu Apa Sebenarnya Penyebab Alergi?


Sel darah putuh sebagai anti-bodi dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai imunitas akan beruasaha sekuat tenaga melindungi tubuh dari serangan benda asing yang masuk. Nah ketika antigen masuk ke tubuh, maka seluruh jaringan tubuh secara otomatis akan melakkan suatu proses kompleks untuk mengenali benda asing tersebut. Sel darah putih kemudian menghasilkan antibodi spesifik untuk melawan antigen. Dimana antibodi ini bekerjad dengan cara mendeteksi dan merusak substansi yang menyebabkan penyakit. Pada reaksi alergi, antibodi yang berperan adalah immunoglobulin E atau IgE. Antibodi ini memerintahkan "para mediator" untuk memproduksi semacam zat yang mampu mngurangi kadar kimia dan hormon yang dimiliki si antigen tersebut.

Sementara Penyebab alergi antara lain:

  1. Makan jenis tertentu, vaksin dan obat-obatan, bahan berbahan dasar karet, aspirin, debu, bulu binatang, dsb.
  2. Sengatan lebah, gigitan semut api, penicilin, kacang-kacangan. Biasanya pada kasus ini reaksi yang ditimbulkan akan berlebihan dan bisa mengakibatkan alergi serius disekujur tubuh.
  3. Penyebab minor berupa suhu udara yang panas ataupun dingin dan kadar emosi yang berlebihan. Oleh sebab itu jika Anda adalah penderita alergi, disarankan agar Anda lebih bisa mengontrol emosi Anda dengan cara melatinya terus menerus sehingga bisa mengurangi pemicunya tersebut.

Pengobatan Alami Alergi


Untuk Bagaimana cara pengobatan secara alami alergi kulit, Anda para pembaca BlogMamen bisa memilih salah satu resep berikut ini. Dimana pengobatan alami ini akan aman 100% karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali, dan mudah sekali cara membuatnya:

Resep 1


- Siapkan 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, dan 1/2 sendok kapur sirih
- Semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga terlihat sisa 2 gelas.
- Lalu saring ramuan tersebut, kemudian minumlah air hasil saringan tadi 2 kali sehari, setiap pagi dan sore hari.


Resep 2


- Siapkan enam lembar daun sirih, satu potong jahe kuning, dan 1 1/2 sendok minyak kayu putih
- Lalu tubuk semua bahan diatas sampai teksturnya halus
- Kemudian oleskan atau gosakan ramuan tersebut pada bagian badan yang gatal-gatal yang terkenal alergi.

Mudah-mudahan resep diatas bisa membantu Anda yang saat ini memang sedang mengalami alergi ini. Jika Anda senang dengan dengan artikel ini silahkan di like Facebooknya, atau follow Twitter kami, atau untuk berlangganan artikel kamii, silahkan masukan alamat email Anda agar terus terupdate.



6 Komentar :

Samudra Biru mengatakan...

untuk tips mengobati alergi itu yg resep 2,,apakah hanya dioleskan & digosokan atau dibiarkan beberapa menit sampai terasa hangat??? mohon bimbingannya

Mamen Aja mengatakan...

@Samudra Biru : Betul, ramuannya di oleskan/digosokan seperti menggunakan salep.

Khoiruz Ubay mengatakan...

wah mantab nih artikel
karena kmarin aku gatal seluruh tubuh
gk tau alergi apaan

Mamen Aja mengatakan...

@Khoiruz: Alhamdulillah kalau memang artikel ini terasa manfaatnya oleh Anda, Jangan lupu baca juga resep lainnya yaaa.. :)

arsa rizki m.p mengatakan...

anak sy alergi seluruh tangan dan kaki ada bercak putih sdh ke spesialis kulit katanya alergi dan agak lama penyembuhannya
mohon sarannya ya

Mamen Aja mengatakan...

@Arsa: Anda bisa mencoba salah satu resep ramuan alami diatas. tetapi, jika anda merasa alergi yang terjadi pada anak anda sudah tergolong parah, kami sarankan untuk konsultasikan pada ahlinya. Semoga lekas sembuh

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen