/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Cara mengetahui konten/halaman/link Blog kualitas rendah dan menghapusnya

Sejak Google mengubah sistem algoritmanya pada 2011 lalu dengan sebutan Google Panda, banyak blog/web yang trafiknya turun secara signfikan bahkan drastis. Hal yang paling ditakuti oleh pemilik blog/website dari si Panda ini yaitu serangannya terhadap konten-konten duplikat (hasil copy paste), dan juga content-farm (memperbanyak konten yang diambil dari blog orang lain dengan cara memodifkasinya, mengeditnya), dan atau konten dengan kualitas rendah (yang cenderung mengulang-ulang keyword tertentu pada satu halaman, atau kosa kata yang kurang dari 500-600), tanpa pikir panjang konten-konten yang seperti ini akan didepak langsung oleh si Panda dari posisi SERP (Posisi search engine). Namun sebenarnya jika kamu memiliki konten yang unik, dan original hasil karya kamu sendiri (bukan hasil COPAS) kamu gak usah khawatir terpengaruh oleh si Panda ini, karena justru blog-blog yang seperti itulah yang disukai oleh si Panda.

Hal yang lebih buruk lagi dari si Panda ini adalah ketika blog kita mempunyai kualitas konten yang rendah, maka halaman-halaman tersebut akan mempengaruhi blog kita secara keseluruhan, dimana hal ini akan mempengaruhi trafik (pengunjung blog) menjadi turun. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui, halaman mana saja dari isi blog kita yang ternyata memiliki konten dengan kualitas rendah. Konten-konten berkualitas ini adalah kontent yang tidak memiliki manfaat (kurang bermanfaat) bagi si pengunjung blog, dan konten kualiats rendah ini bisa diidentifikasi dari jumlah page view -nya. Maksud Mamen adalah, ketika ada halaman blog kita yang mempunyai nilai page view yang rendah, konten inilah yang dianggap oleh si Panda yang bisa menganggu kualitas blog kita secara keseluruhan.


Bagaimana cara mengetahui halaman dengan trafik rendah?

Cara untuk mengetahui halaman dengan trafik rendah (Page view sedikit) adalah melalui Google analitik, biasanya setiap pemilik blog/web sudah memiliki Google analitik ini yang disisipkan/diinstall pada template blognya. Dimana si Google-analitik ini akan mencatat/merekam semua jejak-jekak pengunjung blog kita. Sebagai contoh kali ini Mamen menggunakan blog Mamen yang lain untuk diperiksa Google-analitiknya, baiklah kita langsung saja ke TKP:

1. Login ke akun Google-Analitik kamu

2. Jika kamu mempunyai beberapa blog, pilih dengan cara mengklik blog yang mau kamu periksa.

3. Dari menu samping kiri, pilih "Content" > "Site Content" > "Content Drill down". Lalu pilih trafik review satu tahun terakhir pada format tanggal


Disini Mamen menggunakan Arsip/Tahunan/bulanan, browse aja Content Drilldown > Archives > Year > Month



Sekarang kamu analisis detailnya, per halaman yang mempunyai trafik rendah.


Disini Mamen akan menghapus halaman (artikel) yang mempunyai page view kurang dari 10. Tapi sebenarnya tergantung dari blog kamu, kamu bisa memilih rentang waktu 3-6 bulan kebelakang terutama jika blog kamu masih baru, kamu juga bisa memilih kriteria dalam penghapusan artikel, misalnya yang mempunyai page view dibawah 5, dan sebagainya. Hal penting yang perlu dicatat adalah harus hati-hati dalam menghapus halaman, pikirkan baik-baik, karena walaupun halaman tersebut mempunyai kontent dengan kualitas rendah tetapi bisa saja halaman tersebut justru adalah halaman yang memberikan banyak backlink ke blog kamu. Sebaiknya periksa lebih detail sebelum memutuskan penghapusan.



5 Komentar :

Atrof Ardians mengatakan...

terimakasih infonya gan, sangat bermanfaat sekali nih..
salam kenal dari http://www.psycholovegy.com/

Admin mengatakan...

nice infonya gan..http://onlinefilesharingfree.blogspot.com

Addi Muhaemin mengatakan...

nice infooooooooo

fauzy ahmad mengatakan...

sangat bermanfaat..saya termasuk tipikal orang yang sangat kurang memperhatikan kualitas kontent..alasannya sederhana yaitu yang penting artikel yang saya buat tidak copy paste. kalaupun mengedit dari blog lain, saya usahakan berbeda sampai 70%
salam.....

bredmart mengatakan...

Jadi bingung mau menghapus atau tidak. Soalnya sayang kan

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen