/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Benarkah Backlink Tidak berpengaruh pada SEO Blog, tetapi Konten?!

Jujur saja saya masih bingung dengan pertanyaan judul diatas. Apakah sekarang ini backlink benar-benar tidak diperhitungkan oleh search engine seperti Google? Benarkah cuma kontent yang berkualitas da uniklah yang menjadi pemenangnya?. Memang setelah Google meluncurkan algoritma baru bernama Panda, banyak artikel-artikel yang mengatakan bahwa keberadaan backlink sekarang ini tidak sepenting dahulu, pasalnya Google Panda ternyata lebih menyukai blog-blog yang mempunyai konten dengan kualitas tinggi, unik, dan orisinal.

Sampai detik ini (pada saat artikel ini dipublish), Saya sendiri masih terus mencari kebenaran akan hal ini. Benar gak yah kalau memang backlink itu gak penting, kalau memang betul itu bagus donk, berarti kita gak usah capek-capek berburu link dan menejalajah setiap blog agar dapat backlink, betul gak? Yaa udah kita fokus aja bikin artikel yang unik, orisinil, dan berkualitas tinggi, kan katanya "content is a king?", nah ini juga masih pertanyaan yang suka bikin bingung, memangnya konten sperti apa yang disebut sebagai king? -- capeee dehhhh!!!

Kontent yang berkualitas juga masih dipertanyakan yang seperti apa? ada yang bilang sih katanya, konten yang berkualitas itu adalah konten yang bermanfaat bagi si pembaca, tapi kan "manfaat" itu sendiri kan relatif, contohnya artikel yang berjudul "Tips merebut pacar orang", dari artikel itu kan jadi relatif, bisa saja buat si pembaca A konten itu bermanfaat, tapi kan belum tentu buat si pembaca B (justru mungkin malah merugikan kalau ternyata pacar si B di rebut oleh si A). Betul gak?. Pada banyak kasus juga Mamen suka menemukan blog yang mempunyai kualitas konten rendah lebih banyak pengunjungnya, karena backlinknya juga banyak. Padahal Blog lainnya justru mempunyai kualiats kontent yang bagus, tapi sepi pengunujung. hayooo..pilih mana?

Bingung ah, mikirin mana yang harus dijalanin. Ikut yang ini, kesini. Ikut yang itu kesitu. Tapi buat gambaran aja buat teman-teman Blogger yang Mamen pernah baca salah satu komentar pegawai Google yang juga pakar SEO bernama John, dia bilang gini katanya:

I'd really recommend focusing on the content on your site. In general, we recommend not copying, rewriting, respinning, automatically translating or otherwise automatically generating content. Having unique, compelling, and high-quality content is much more important than a few links.

Kalau Mamen artiin jadi gini nih,.

Saya benar-benar menyarankan untuk fokus pada konten blog/website kamu. Secara umum, kami merekomendasikan jangan mencopy, menulis ulang, memutar-mutar, atau bahkan menterjemahkan artikel. Karena memliki konten yang unik itu jauh lebih penting daripada beberapa link

Eittt...Tapi tunggu dulu, Mamen juga pernah menemukan status updatenya seorang Anthony Robbins (yang tidak tahu siapa dia, coba ketik di Google deh!) dari akun Facebooknya dia bilang gini:

Content is not a king, relationship is a king

Kalau diartikan ke Bahasa jowo dari:

Konten itu bukalah raja, melainkan ralationship/hubungan/link

Dalam ilmu blog, relationship itu kan link, yah berarti backlinks. :)

Yahh,, intinya Mamen tidak mau mengambil kesimpulan siapa yang benar, dan siapa yang tidak benar (ingat! Bukan salah lho). Silahkan teman-teman simpulkan sendiri dari yang Mamen paparkan diatas. Yah intinya ketika kita memutuskan untuk jadi seorang Blogger, jangan berhenti menulis dan membangun backlink deh pokoknya :)



0 Komentar :

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen