/*----END HEADER Floating----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START Adsense----*/ /*----END Adsense----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Tips Alami Mengobati Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Kulit merupakan bagian oragan tubuh manusia yang paling terluar yang mana kulit kita ini memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi tubuh kita terutama melindungi organ bagian dalam. Kulit merupakan bagian tubuh kita yang terena langsung oleh sinar matahari, sehingga perlu diberikan perawatan yang khusus. Sinar matahari ini sangat berbahaya bagi kulit kita apalagi dengan intesnsitas yang sangat banyak dan bisa mengancam proses penuaan terjadi lebih cepat dari seharusnya.

Seperti yang sobat ketahui negara kita tercinta Indonesia merupakan negara beriklim tropis dimana kondisi ini mengakibatkan kita semua lebih sering mendapatkan pasokan sinar matahari dibanding negara lain yang mempunyai empat musim misalnya. Sengatan matahari dapat mengakibatkan kulit kita terbakar, sehingga kulit kita jadi tampak kemerahan dan rasanya panas spserti terbakar apalagi kalau kita habis berjemur dipantai. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi terkelupas dan akhirnya meninggalkan bekas, dan pastinya sobat gak mau bukan kalau kulitnya terbakar akibat sinar matahari.

Jika kulit sobat terbakar akibat sengatan matahari, kali ini Mamen akan berbagi tips bagaimana melakukan perawatan dan pengobatan kulit secara alami alias tanpa adanya campuran kimia apapun karena terbakar sinar matahari, sehingga 100% aman untuk kulit tubuh kita.


Inilah cara merawat/mengobati Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari secara alami:

1. Perawatan/Pencegahan

Upaya pencegahan agar kulit kita terhindar karena terbakar sengatan sinar matahari adalah dengan menghindari kontak langsung sinar matahari tersebut tembus ke bagian kulit tubuh kita. Sebagai upaya pelindungan dari sengatan matahari langsung misalnya dengan memakai topi/payung, atau sobat bisa mengoleskan cream Anti-UV ke bagian tubuh yang berkenana langsung dengan sinar matahari yang bisa dibeli di toko-toko kecantikan.


2. Pengobatan

A. Pengobatan dengan Hidroterapi (Terapi Air)


Mengobati kulit yang terbakar akibat sinar matahari bisa sobat lakukan dengan mandi air kanji atau mandi dengan air pancuran dan gosoklah kulit yang terbakar dengan tepung kanji setelah mandi. Mandi air kanji adalah mandi dengan cara berendam dalam air kanji untuk mendapatkan ketenangan. Efek hidroterapi dapat menghilangkan peradangan, menghilangkan rasa panas dan gatal, tetapi cenderung mengeringkan kulit. Jika sobat bingun bagaimana cara mandi dengan air kanji, inilah langah-langkahnya:

- Isi bak mandi (baskom besar) dengan air hangat sampai tampak cukup untuk merendam bagian-bagian yang terserang.
- Lelehkan kanji dengan air dingin dalam baskom kecil.
- Campurkan kanji yang sudah meleleh ini kedalam bak air.
- Tanggalkan semua pakaian, masuklah ke dalam bak air tersebut.
- Dengan handuk muka, basahi bagian-bagian yang tidak direndam. Rendam selama kurang lebih 20 menit, tetapi jangan menggosoknya dengan handuk.
- Setelah 20 menit keringkan badan dengan handuk dan jangan gunakan sabun meski untuk cuci tangan.
- Mandilah dua kali sehari atau tergantung keadaan.


B. Pengoabatan dengan Tanaman.
* Ramuan Daun Krokot

Bahan:
Daun krokot secukupnya

Cara melakukan:
Ambil sari daun krokot dan tempelkan pada kulit yang terbakar sinar matahari setelah mandi air kanji.

* Ramuan daun jambu biji

Bahan:
Jambu biji cincang 1 mangkok
Air 4 liter

Cara melakukan:
Rebus terlebih dahulu cincangan jambu biji dalam 4 liter air sampai mendidih. Sebelum digunakan untuk mandi maka air rebusan tersebut ditambah dengan 4 liter air dingin. Catatan bahwa airnya hanya dipakai satu kali saja.

* Ramuan buah tomat

Bahan:
Buah tomat 1 buah

Cara melakukan:
Buah tomat dicuci bersih, kemudian diiris tipis-tipis. Selanjutnya irisan tomat ditempelkan pada muka atau kulit yang terbakar. Lakukan sehari sekali sampai bagian kulit yang terbakar kembali normal.

Demikian tips alami cara perawatan dan mengobati kulit yang terbakar akibat sengatan sinar matahari, mudah-mudahan bermanfaat buat sobat semua.



4 Komentar :

Shabana AZzahra mengatakan...

thank's for your help :D

Mamen mengatakan...

@Shabana: Sama-sama..

Umy.Mijerf mengatakan...

infonya membantu... thanks

Mamen Aja mengatakan...

@Umy: Terima kasih banyak :)

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen