/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Inilah Contoh Pantun Nasehat | Kumpulan


Mungkin kalau Mamen boleh bilang, sedikit atau bahkan tidak ada sobat yang suka diberi nasehat didunia ini apalagi yang bersifat digurui atau  'sok menggurui' betul gak? walaupun mungkin sebenarnya isi nasehat itu berisi banyak pelajaran hidup bagi sobat semua, terlebih lagi jika nasehat tersebut disampaikan dengan cara yang tidak benar, bisa-bisa bukannya penerimaan yang akan terjadi tetapi penolakan dari si "tersangka"..hehe :)

Namun lain halnya jika sebuah nasehat disampaikan dengan cara berpantun, cara ini dianggap akan lebih efektif daripada dengan cara yang 'sok' menggurui tadi. Betapa tidak, pantun adalah untaian kata yang penuh makna apalagi jika pantun tersebut berisi nasehat. Sobat pernah gak nyoba menasehati orang dengan menggunakan pantun? hehehe... kalau sobat bingung dengan hal tersebut, dibawah ini adalah beberapa conton pantun nasehat yang bisa sobat gunakan atau inspirasi untuk disampaikan kepada orang lain:

Ada ubi ada talas
Ada budi ada balas
Sebab pulut santan binasa
Sebab mulut badan merana

Jalan kelam disangka terang
Hati kelam disangka suci
Akal pendek banyak dipandang
Janganlah hati kita dikunci

Bunga mawar bunga melati
Kala dicium harum baunya
Banyak cara sembuhkan hati
Baca Quran paham maknanya

Ilmu insan setitik embun
Tiada umat sepandai Nabi
Kala nyawa tinggal diubun
Turutlah ilmu insan nan mati
Kalau harimau sedang mengaum
Bunyinya sangat berirama
Kalau ada ulangan umum
Marilah kita belajar bersama

Hati-hati menyeberang
Jangan sampai titian patah
Hati-hati di rantau orang
Jangan sampai berbuat salah

Contoh kumpulan pantun yang memberi peduah tentang arti hidup :

Manis jangan lekas ditelan
Pahit jangan lekas dimuntahkan
Mati semut karena manisan
Manis itu bahaya makanan.

Buah berangan dari Jawa
Kain terjemur disampaian
Jangan diri dapat kecewa
Lihat contoh kiri dan kanan

Di tepi kali saya menyinggah
Menghilang penat menahan jerat
Orang tua jangan disanggah
Agar selamat dunia akhirat

Kata kata nasehat yang dibuat pantun :

Anak ayam turun sembilan
Mati satu tinggal delapan
Ilmu boleh sedikit ketinggalan
Tapi jangan sampai putus harapan

Anak ayam turun delapan
Mati satu tinggal lah tujuh
Hidup harus penuh harapan
Jadikan itu jalan yang dituju
Beberapa contoh pantun nasehat yang bisa kamu pakai untuk kehidupan ini :

Ke hulu membuat pagar,
Jangan terpotong batang durian;
Cari guru tempat belajar,
Supaya jangan sesal kemudian.

Tiap nafas tiadalah kekal
Siapkan bekal menjelang wafat
Turutlah Nabi siapkan bekal
Dengan sebar ilmu manfaat

Banyak sayur dijual di pasar
Banyak juga menjual ikan
Kalau kamu sudah lapar
cepat cepatlah pergi makan

Kumpulan pantun yang bisa memberi contoh kepada generasi muda.
Tumbuh merata pohon tebu
Pergi ke pasar membeli daging
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tidak berdinding

Pinang muda dibelah dua
Anak burung mati diranggah
Dari muda sampai ke tua
Ajaran baik jangan diubah

Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya engkau tidak ketinggalan

Kesimpulan
: Intinya adalah sampaikan sebuah nasehat dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat :), oya jika sobat punya banyak pantun silahkan dibagi dengan kita semua melalu kotak komentar dibawah ini, jangan lupa yah!!



2 Komentar :

rizal mengatakan...

bagus gan izin copy ya wat koleksi

Mamen Aja mengatakan...

@Rizal: Silahkan, :)

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen