/*----END HEADER Floating----*/ /*----START HEADER Floating----*/
/*----END HEADER Floating----*/

Ini dia sejarah susunan keyboard komputer QWERTY


Keyboard atau papan ketik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari komponen komputer/Laptop. Apa yang akan terjadi jika sebuah komputer tanpa adanya keyboard, bingung kan? mau mencet apa coba, dan mungkin banyak diantara sobat yang penasaran dengan awal mula sejarah susunan keyboard yang sekrang kita gunakan dikomputer kita ini, pernahkah sobat betranya kenapa susunan huruf keyborad dikomputer sobat tidak sesuai alfabet saja (ABCDEFGH, dst) tapi kok QWERTY.


kembali ke judul postingan diatas, ini dia sejarah susunan keyboard komputer QWERTY. Sebenarnya, asal mula keyboard itu berawal dari mesin ketik yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Ketika Sholes menemukan mesin ketik, waktu itu susunanya hurufnya memang sesuai alfabet ABCDEF,..dst, sehingga dihasilkan kecepatan mengetik yang sangat tinggi (mungkin karena hafal dengan susunan alfabet tsb), nah karena saking cepatnya mengetik, maka sering terjadi penumpukan batang-batang huruf (slug)mesin tik tersebut atau disebut juga jamming. Dari situlah Sholes berfikir untuk mengubah susunan hurufnya dibuat secara acak (QWERTY) agar kecepatan mengetik tidak terlalu cepat untuk menghindari Jamming. PakuAlam yakin kal sobat yang pernah akrab dengan mesin ketik, tahu bagaimana kesalnya ketika berhadapan dengan si jamming ini.


Kemudian akhirnya pada tahun 1973 susunan keyboard ini diresmikan sebagai standar international ISO (International Standar Organization). Sementara itu ada juga susunan keyboard DVORAK yang diakui oleh ASK (American Simplified Keyboard) yang katanya disebut-sebut susunan DVORAK ini lebih efisien dalam hal kecepatan mengetik yakni dengan perbandingan aksesibiltas tangan kanan 56% dan tangan kiri 44% Sperti yang telihat pada gambar dibawah ini.


Kesimpulan: Kalo menurut PakuAlam, apapun bentuk susunan keyboard-nya yang penting apakah kita terbiasa atau tidak dengan susunan tsb. Kalo tidak terbiasa dengan susunan hurufnya walaupun dibilang paling efisien, tetap saja gagap merayap :)



0 Komentar :

Poskan Komentar

Copyright ©2014 Blog Mamen